PENDAMPINGAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA COVID 19

Authors

  • Dessy Triana Relita Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP Persada Khtulistiwa https://orcid.org/0000-0002-9616-0425
  • Kardius Richi Yosada Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP Persada Khtulistiwa

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i2.1160

Keywords:

Literasi Digital

Abstract

ABSTRAK

Literasi digital sebagai kemampuan memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai format (teks, gambar, audio, video, dan animasi) dan dari berbagai sumber yang tersaji melalui perangkat elektronik. literasi digital juga melibatkan kemampuan memahami, menganalisis, memberikan penilaian terhadap berbagai informasi yang diterima, serta melakukan evaluasi terhadap informasi tersebut. Selain itu, literasi digital juga berperan mengefektifkan interaksi dan komunikasi selama proses pembelajaran. Sebagai contoh, kemampuan dalam menggunakan fitur kamera dan mikrofon pada perangkatnya agar mampu hadir dan terhubung secara virtual. Lebih jauh, kemampuan menggunakan perangkat lunak untuk menyajikan teks dan gambar pendukungnya (grafik, ilustrasi, dan sebagainya) berperan untuk mengoptimalkan kolaborasi dan komunikasi dalam pembelajaran daring, yang dijembatani oleh fitur email, online wordsheet dan spreadsheet, serta fitur ‘lampirkan file’ yang ada pada berbagai perangkat lunak.

Kata Kunci: Literasi digital

 

ABSTRACT: Digital literacy is the ability to understand and use information in various formats (text, images, audio, video, and animation) and from various sources presented through electronic devices. Digital literacy also involves the ability to understand, analyze, provide an assessment of the various information received, and evaluate that information. In addition, digital literacy also plays a role in making interaction and communication effective during the learning process. For example, the ability to use the camera and microphone features on the device to be able to be present and connected virtually. Furthermore, the ability to use the software to present supporting text and images (graphics, illustrations, etc.) plays a role in optimizing collaboration and communication in online learning, which is bridged by the email, online wordsheet and spreadsheet features, as well as the existing 'attach file' feature on various software.

Keywords: Digital Literasy

References

Dewi, Wahyu Aji fatma. 2020. Dampak covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Hal 55-61.

Jayul. A dan Irwanto.I. 2020. Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di tengah Covid 19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. Volume 6 nomor 2. Hal 190-199.

Irhandayaningsih, A.Pengkukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi covid 19. 2020. Jurnal Universitas Diponegoro. Volume 4 nomor 2 hal 231-240.

Batubara, dkk. 2020. Penggunaan Video Tutorial Untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Volume 5 Nomor 2 hal 74-8

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles