MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHAWAN (ENTREPRENEURSHIP) MENJADI MAHASISWA PENGUSAHA (ENTREPRENEUR STUDENT) SEBAGAI MODAL UNTUK MENJADI PELAKU USAHA BARU
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpe.v5i2.901Keywords:
Entrepreneurship, Entrepreneur StudentAbstract
Entrepreneurship is a generator for the development of a nation, the more citizens who pursue entrepreneurship, the more the economic turnover of a country. Educated people  are expected to play a role in advancing the economy. However, the problem that often occurs after graduating college graduates tends to be looking for work rather than creating jobs for themselves. Meanwhile, the absorption capacity of private and government agencies is very limited, resulting in a long waiting period to get a job. To anticipate this, it is necessary to build an entrepreneurial spirit in students since they are still in college so that they can become entrepreneurial students. Based on the results of the research, the results of the data analysis showed that the value of Tcount = 4.56> T table = 2.052, this shows that there are differences in student entrepreneurial abilities before and after treatment. After the treatment, the entrepreneurial ability of students increased.
Abstrak:
Berwirausaha merupakan generator pembangunan sebuah bangsa, semakin banyak warga negara yang menekuni bidang wirausaha semakin laju perputaran roda perekonomian suatu negara. para sarjana sangat diharapkan perannya dalam memajukan perekonomian. Namun persoalan yang sering terjadi setelah lulus kuliah para sarja cenderung akan mencari pekerjaan dari pada menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri. Sementara daya serap instansi swasta mau pun pemerintah sangat terbatas sehingga menimbulkan lamanya masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan. Untuk mengantisipasi hal ini maka perlu dibangun jiwa wirausaha pada mahasiswa sejak masih kuliah agar dapat menjadi mahasiswa pengusaha. Berdasarkan hasil penelitian hasil analisis data diperoloeh nilai Thitung =4,56 > Ttabel=2,052, ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berwirausaha pada mahasiswa sebelum dan sesudah perlakuan. Setelah perlakuan kemampuan berwirausaha pada mahasiswa semakin meningkat.
References
Alma, Buchari. (2010). Kewirausahaan (edisi revisi). Bandung: CV Alfabeta.
Beier, Michael (2016): Startups’ Experimental Development of Digital Marketing Activities. A Case of Online-Videos. Social Science ResearchNetwork (SSRN) Electronic Journal, Paper: 2868449.
Edy Dwi Kurniati ( 2015). Kewirausahaan Industri. Yogyakarta: Deepublish
Herawati Yusleli. (2011). Langkah Wirausaha Dalam Meningkatkan Dan Mengembangkan Usaha. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Edisi Ke-VI.
Kuratko, D.F. & Hodgetts, R.M. (2007). Entrepreneurship: Theory, Process, Practice (7th ed). Canada: Interactive Composition Corporation.
Rosmiati. 2015. Sikap, Motivasi, Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. JMK, VOL. 17, NO. 1
Sheung,Chia Thian. 2014. E-Business; The New Strategies Ande-Business Ethics, that Leads Organizations to Success. Global Journal of Management and Business Research ( A ) Volume XIV Issue VIII Version I Year 2014
Suharyono. 2017. Sikap Dan Perilaku Wirausahawan. Jurnal Ilmu dan Budaya, Vol. 40, No.56.
Sukirman. 2010. “Analisis pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kinerja usaha kecil yang dikelola perempuan (dengan pendekatan Balanced Scorecard).†Jurnal Kinerja, Bisnis dan Ekonomi 14 (3): 248–62
Sukirman. 2012. “Analisis pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja industri kecil.†Jurnal Dinamika Manajemen 3 (1): 10–18.
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia (isu-isu penting). Jakarta: LP3ES.
Teddy Oswari, Membangun Jiwa Kewirausahaan (Entrepreneurship) . "Menjadi Mahasiswa Pengusaha (Entrepreneur Studen1) Sebagai Modal Untuk Menjadi Pelaku Usaha Baru" Proceeding. Seminar Nasional PESAT 2005 Auditorium Universitas Gunadarma, Jakarta, 23-24 Agustus 2005
Tiago, M. T. P. M. B., and VerÃssimo, J. M. C. 2014. “Digital Marketing and Social Media: Why Bother?,â€Business Horizons 57(6), pp. 703-708.
Wymbs, C. 2011. “Digital Marketing: The Time for a New" Academic Major" Has Arrived,†Journal ofMarketing Education33(1), 93-106