PENGARUH PERSONAL SELLING DAN ADVERTISING TERHADAP PENJUALAN POLIS ASURANSI PADA PT JASARAHARJA PUTERA CABANG MATARAM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpe.v5i2.861

Keywords:

Keywords, Personal Selling, Advertising and Insurance Policy Sales

Abstract

This study was conducted to determine the effect of personal selling d an a dvertising against the sale of insurance policies either Prado or simultaneously, and how is the level of influence of personal selling and a dvertising PT Jasaraharja Puera Branch Mataram. A population of 2,625 customers, the sample using random sampling samples taken as much as 10% of the population from the calculation using the Solvin formula obtained a sample of 97 customers. This type of research uses quantitative research with a causal associative research approach by using questionnaires which are considered in accordance with the research carried out which aims to determine the causal relationship between the independent variables (variables that affect the dependent variable). In this study using validity and reliability and using data analysis techniques, namely classical assumption test, hypothesis test, linear regression analysis with the help of SPSS 16 software.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh personal selling dan advertising terhadap penjualan polis asuransi baik secara persal maupun simultan, dan bagaimanakan tingkat pengaruh personal selling dan advertising pada PT Jasaraharja Puera Cabang Mataram. Populasi sebanyak 2.625 nasabah, sampelnya menggunakan sample random sampling yang diambil sebanyak 10% dari populasi dari perhitungan menggunakan rumus solvin diperoleh hasil sampel sebanyak 97 nasabah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan penyebaran kuesioner yang dianggap sesuai dengan penelitian yang dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui hubungan yang bersifat sebab akibat antara variabel independen (variabel yang mempengaruhi dengan variabel dependen (variabel yang dipengaruhi). Dalam penelitian ini menggunakan validitas dan reliabilias serta menggunakan teknik analisis data yaitu uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier dengan bantuan software SPSS 16.

Author Biography

Abdul Basit, UIN SUNAN KALIJAGA

Mahasiswa

References

Agus Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga

Anggraini, Dina Yustanti., dan Asih Widajati. 2015. Pengaruh Advertising, Personal Selling Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome Pada PT Telkom Indonesia Witel Jatim Selatan (Telkom Blimbing Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol.1 No.1, Hal.71-80.

Burhan Bungin. 2011. Metode Kuantitatif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Durianto, Brand Equity Ten. 2004. Strategi Pemimpin Pasar. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Hapsari, Persetyo. 2019. Personal Selling, Advertising Dan Asuransi (Studi Pada PT. Prudential Life Assurance Cabang Pandanaran Semarang) Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang ISSN: 2302-2752, Vol. 8 No. 2,

Husein Umar. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Herman Darmawi. 2002. Manajemen Asuransi. Jakarta. Bumi Aksara.

Ida Royani Tamba. 2015. Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Jiwasaya (Persero) Cabang Pekan Baru. Jurnal Keuangan. Vol.2.No.2

Juwita Mariska Robot. 2015. Analisis Pengaruh Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Publicity dan Word of mouth terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol.3 No.3, Hal: 254-267.

Nugroho, Akhirudin Aji. 2014. Pengaruh Personal Selling dan Advertising Terhadap Pengambilan Keputusan Membeli Polis Asuransi (Studi Kasus Pada PT. Prudential Cabang Lamper Semarang). E-journal Universitas Dian Nuswantoro, Hal.1-15.

Noviantoro, Bagus., dan Yessy Artanti. 2016. Pengaruh Penjualan Pribadi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Jiwa Prestigio. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol.12 No.3, Hal.262- 273.

Sandra Moriaty. 2008. Nancy Mitchell. Wiliam Wells. Advertising Edisi Kedelapan. Jakarta. Kencana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung. PT Alfabet.

Suparwo, Adi., Dwiza Riana., Ratna Deli Sari. 2018. Pelaksanaan Personal Selling Dalam Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Jurnal Ecodemica, Vol.1 No.2, Hal.241-248.

Tamba, Ida Royani., dan Rizikna. 2015. Pengaruh Pesonal Selling dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Jiwa PT. Asuransi Jiwasaya (Persero) Cabang Pekanbaru. JOM FISIP, Vol.2 No.2, Hal.1-13.

Zuliatin. 2016. Pengaruh Personal Selling, Direct Selling, dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Nasabah, Studi Kasus Pada BMT UGE Sidogiri KCP Kanigoro Blitar. Jurnal Perbankan, Vol. 03.No.1 Oktober

Downloads

Published

2020-11-12

Issue

Section

Articles