PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SINTANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpe.v4i2.623Abstract
Abstract: This research uses quantitative method with multiple linier analysis.The Data Collection tools technics used are indirect communication and documentation. Based on the analysis of the research data, it can be concluded that: 1) The practical work and entrepreneurship education partially have a significant positive effect on entrepreneurship interest, which shown from tcount of practical work is 1,747 and entrepreneurship education is 10,371 larger than ttable that is 1,997. 2) The practical work and entrepreneurship education simultaneously have a significant positive effect on entrepreneurship interest, which shown from tcount of practical work is 1,747 and entrepreneurship education is 10,371 larger than table that is 1,997. 3) Rather than practical work, entrepreneurship education is the most significant to influence entrepreneurship interest which shown from tcount is 10,371 with a sigificant value is 0,000 (less than the error rate is 0,05).Keywords: Practical Work, Entrepreneurship Education, Entrepreneurship interest.
Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan bentuk Analisis linier berganda. Tekinik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1. Praktik Kerja Industri dan Pendidikan Kewirausahaan secara parsial terhadap Minat Berwirausaha, yang diperlihatkan dari hasil thitung yaitu Praktik Kerja Industri sebesar 3,005 dan Pendidikan Kewirausahaan sebesar 1,963 lebih besar dari ttabel 1,997 jadi secara parsial Praktik Kerja Industri dan Pendidikan Kewirausahaan memberi pengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha. 2.Praktik Kerja Industri dan Pendidikan Kewirausahaan secara simultan terhadap Minat Berwirausaha, yang diperlihatkan dari hasil thitung yaitu Praktik Kerja Industri sebesar 3,005 dan Pendidikan Kewirausahaan sebesar 1,963 lebih besar dari ttabel 1,997 jadi secara simultan praktik kerja industri danpendidikan kewirausahaan memberi pengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha. 3.Variabel Praktik Kerja Industri dan Pendidikan Kewirausahaan yang Pengaruhnya Paling signifikan terhadap Minat Berwirausaha adalah Praktik Kerja Industri sebesar 3,005 dengan nilai signifikan sebesar 0.004 (lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05).
Kata Kunci: Praktik Kerja Industri, Pendidikan Kewirausahaan, Minat BerwirausahaReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ariwibowo, C. 2013. “Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Online Siswa Kelas XII Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri Se-Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013â€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Marganingsih, Anna dan Pelipa, Emilia Dewiwati 2018 “Pengaruh Pendekatan Chemo Entrepeneurship dan Pelatihan Keterampilan Berwirausaha Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa†JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, VOLUME 3, NO 2,, Halaman 113 – 126.
Marfu’ah. 2014. “Praktek Kerja Industri (Prakerin) Sebagai Sarana Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas Xii Jurusan Pemasaran Smk Negeri 1 Yogyakarta Tahunpelajaran 2013/2014)â€. Skripsi. yogyakarta: Universitas IslamNegeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pelipa, Emilia Dewiwati dan Marganingsih, Anna. 2019 “Pengaruh Edupreneurship Dan Praktek Kerja Terhadap Kemampuan Life Skill Mahasiswa†JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 4, no 1, Halaman 20 – 25.
Nurjanah, Iin Tri Wahyu. 2015. “Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan KerjaSiswa Kelas Xii Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk Negeri 1 Wonosari 2015)â€. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Prihantoro, W. S. G. 2015. “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga terhadap Sikap Mental Kewirausahaan Siswa SMK Negeri 1 Demak (Studi Pada Siswa Kelas XI Pemasaran Tahun Ajaran 2014/2015)â€. Skripsi Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontenporer. Bandung:Alfabeta.