PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Junardi Junardi Politeknik Tonggak Equator Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpe.v4i2.567

Abstract

Abstract:  This study aims to obtain empirical evidence regarding the effect of Corporate Social Responsibility disclosure toward firm value which is moderated by firm size. The form of research using associative. The data collection can be collected on financial statements, annual reports of manufacturing companies which are published by Indonesia Stock Exchange, journal, and internet. Based on the collection of samples using purposing sampling techniques found the number of samples of this study were 40 of sample company in manufactur sector listed in Indonesia Stock Exchange in 2015-2017. Data analysis techniques using Partial Least Square (PLS) with the SmartPLS 3.0 software. The results of this study conclude that CSR has a positive significant effect on firm value and firm size does not significant effect on firm value. Futhermore, firm size as a moderating variable can not be strenghen the influence of CSR on firm value.

 

Keyword: CSR, Firm size, Firm Value

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan Corporate Social  Responsibility terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Bentuk penelitian menggunakan asosiatif kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi  dan studi pustaka yang bersumber pada laporan keuangan dan laporan tahunan perusahan manufaktur yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling didapatkan jumlah sampel dipenelitian ini sebanyak 40 perusahaan  manufaktur. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan tehadap nilai perusahaan. Kemudian, ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi tidak mampu memperkuat pengaruh antara CSR terhadap nilai perusahaan

Kata Kunci: CSR, Ukuran perusahaan, Nilai Perusahaan

References

Astuti, F. Y., Wahyudi, S., & Mawardi, W. Analysis Of Effect Of Firm Size, Institutional Ownership, Profitability, And Leverage On Firm Value With Corporate Social Responsibility (Csr) Disclosure As Intervening Variables (Study On Banking Companies Listed On BEI Period 2012-2016). JURNAL BISNIS STRATEGI, 27(2), 95-109.

Deegan, C, M Rankin, dan J Tobin. 2002. “An Examination of Corporate Social and Environmental Disclosures of BHP from 1983-1997: A Test of Legitimacy Theory†Accounting, Auditing & Accountability Journal, Vol 15, No 3, hlm 312 343.

Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Penerbit:UNDIP. Semarang.

Karundeng, F., Nangoi, G. B., & Karamoy, H. (2017). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manajemen dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2012-2016). JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING" GOODWILL", 8(2).

Lindawati, A.S.L., dan Marsella, E.P. 2015. “Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaanâ€. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, Vol 6, No 1.

Murnita, P.E.M., dan Putra, I.M.P.D. 2018. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Leverage sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, Vol.23, No.2. Universitas Udayana.

Nikmah, J. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Moderasi. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, 1(2), 138-149.

Pratama, I.G.B.A., dan Wiksauana, I.G.B. 2016. Pengaruh Ukuran Perusaahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5, No.2.

Putra, A.A., Kristanti. F.T., dan Yudowati, S.P. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. E-Proceeding Of Management, Vol.4. No.3, pages 2804.

Sabatini, K., & Sudana, I. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 56-69.

Siahaan, F. O. (2014). The effect of good corporate governance mechanism, leverage, and firm size on firm value. GSTF Journal on Business Review (GBR), 2(4)

Stiaji, J.R., Diana, N., dan Afifudin. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. E-Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, Vol.6, No.6.

Sugiarto. 2009. Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan., Permasalahan Keagenan & Informasi Asimetri. Penerbit Graha Ilmu:Yogyakarta.

Untung, B. 2014. CSR dalam Dunia Bisnis. Penerbit Andi:Yogyakarta.

Wahyudi, Untung dan Hartini, Pawestri Prasetyaning. 2005. Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan : Dengan Keputusan Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi IX.

Wedayanti, L. P., & Wirajaya, I. G. A. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 2304-2332.

Undang-Undang Republik Indonesia No.40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas

www.globalreportinginitiative.org (diakses pada tanggal 15 Mei 2019)

Downloads

Published

2019-12-02

Issue

Section

Articles