PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY 6M MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI KEEMPAT DI SMK NEGERI 6 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpe.v3i2.334Abstract
Abstrak: latar belakang penelitian ini adalah belum optimalnya pengembangan karakter dan jiwa kewirausahaan lulusan SMK Negeri 6 Pontianak. Kegiatan pembelajaran pembelajaran program produktif di SMK masih belum mencakup aspek soft competence, terutama kecakapan kewirausahaan. Tujuan penelitian ini yakni keterapan uji dan terlaksananya model pembelajaran Teaching Factory 6M dan 4D kelas kria tekstil pada SMK Negeri 6 Pontianak sebagai upaya menghadapi revolusi industri 4.0. untuk mengembangkan efektivitas pelaksanaan teaching factory ditinjau dari segi konteks, input, proses dan produk. Metode yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (R&D) dengan subjek penelitian siswa jurusan kria tekstil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan capaian hasil belajar kewirausahaan sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran Teaching Factory 6M dan 4D. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teaching Factory 6M dan 4D efektif dalam meningkatkan hasil belajar kewirausahaan yang ditinjau dari segi konteks, input, proses dan produk pada siswa jurusan kria tekstil SMK 6 Pontianak.
Kata Kunci: efektivitas, pembelajaran, teaching factory, kewirausahaan
References
DAFTAR PUSTAKA
Agung Kuswantoro, Joko Widodo, Asih Kuswardinah¸ 2012, Perencanaan Teaching Factory Dalam Upaya Menanamkan Nilai Nilai Enterpreneur di SMK Negeri 6 Semarang. JERE 1 (2) (2012) . Journal of Educational Research and Evaluation
Akhmad F. Amar, Dadang Hidayat, Amay Suherman, 2015, Penerapan Model Pembelajaran Teaching Factory 6 langkah (model6M) untuk meningkatkan motivasi berprestasi Siswa di SMK , Journal of Mechanical Engineering Education Vol.2 Desember 2015.
Andreas Hassim , 2016, Revolusi Industri 4.0, | Jumat, 17 Juni 2016 | 7:14 http://id.beritasatu.com/home/revolusi-industri-40/145390
Attar, Aykut. 2015. Entrepreneurship, Knowledge, And The Industrial Revolution. Economics E-Journal. Vol 9 2015-3.
Borg. W & Gall, 1989, Educational Research Introduction, New York.
Burhan R Wijaya , Model Pengelolaan Teaching Factory SMK, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 30 Nomor 2 tahun 2013
Dadang Hidayat M., 2011, Model Pembelajaran Teaching Factory untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Mata pelajaran Produktif, Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 17 No.4 Februari 2011, hlm 270-278.
Dadang Hidayat Martawijaya. 2012. Developing A Teaching Factory Learning Model To Improve Production Competencies Among Mechanical Engineering Students In A Vocational Senior High School. Journal of Technical Education and Training (JTET), Vol. 4, No.2)
Daryanto, 2012, Pendidikan Kewirausahaan, Yokyakarta :Gava Media
Direktorat PSMK. 2009). Roadmap Pengembangan SMK 2010-2014, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2008. Kewirausahaan dalam kurikulam SMK. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Wirausaha Kuliner, di Jurusan Teknologi Industri , Fakultas Teknik , Universitas Negeri Malang.
Dikmenjur. ,2006. Kurikulum SMK Edisi2006. Diperoleh 22 Februari 2013 http://www.scribd.com/doc/8645924/Smk.
Falloy, Alan and Gailly Benoit. 2013. The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Attitudes and Intention: Hysteresis and Persistence. Journal of Small Business Management. Vol 53 Issue .
Georgios D. Papagiannis. 2018. Entrepreneurship Education Programs: The Contribution Of Courses, Seminars And Competitions To Entrepreneurial Activity Decision And To Entrepreneurial Spirit And Mindset Of Young People In Greec. Journal of Entrepreneurship Education. Volume 21, Issue 1
Gozali, Ahmad Dardiri, Soenar Soekopitojo, 2017, Penerapan Teaching Factory Jasa Boga untuk Meningkatkan Kompetensi Entrepreneur Siswa Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol 2 No.1 (ISSN2580-5398)
Hidayat M., Dadang. (2011). Model Pembelajaran Teaching Factory untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.17,No 4. [Online], Diakses di: http://id.scribd.com/ [9 Oktober 2016].
Http://www.kemenperin.go.id/artikel/17508/Industri-4.0-Ciptakan-Peluang-Baru, Koran Sindo (03/05/2017)
Jamal Ma’mur Asmani. 2011,Sekolah Entrprenur, Jokjakarta: Harmoni.
Lutz Sommer. 2015. Industrial Revolution - Industry 4.0: Are German Manufacturing SMEs the First Victims of this Revolution?.Journal of Industrial Engineering and Management, 2015 – 8(5).
Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1985.Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. London: Sage Publications
Min Xu, Jeanne M. David & Suk Hi Kim. 2018. The Fourth Industrial Revolution: Opportunities and Challenges.. International Journal of Financial Research, Vol. 9, No. 2
Pan Wei-rong, LI Jun. 2009. Analysis of "Teaching Factory" Model of Nanyang Polytechnic. Journal of Guangdong Communications Polytechnic
Rahmat Kurniawan, 2014, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (TF 6M) dan prestasi belajar kewirausahaan Terhadap Minat wirausaha, Jurnal INVOTEC, Volume X, No.1, hlm 57- 66
Siregar E dan Hartini Nara, 2010, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sommer, 2015. Implications for the practical implementation are amongst other things that enterprises to face digitization/Industry 4.0, Journal of Industrial Engineering and Management.
Triatmoko, SJ. (2009). The ATMI story, rainbow of excellence. Surakarta: Atmipress