PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN KETENAGAKERJAAN DAN PEMBANGUNAN DI KELAS XI IPS 4 SMA NUSANTARA INDAH SINTANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpe.v1i2.236Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan ketuntasan klasikal masih di bawah KKM. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar pada pokok bahasan ketenagakerjaan dan pembangunan di kelas XI IPS 4 SMA Nusantara Indah sintang tahun ptelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nusantara Indah Sintang semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 32 siswa, laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media gambar diperoleh nilai rata-rata siklus I adalah 72,25 dan siklus II adalah 80,28.
Â
Kata kunci: Media Gambar, Hasil Belajar Siswa, Ketenagakerjaan dan PembangunanReferences
Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Asep Herry Hernawan. (2008). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Bonipasius. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Model Jigsaw Bidang Studi Ekonomi Kelas XA Di SMA N 1 Belimbing. Skripsi. Sintang : Persada Khatulistiwa.
Bungin, H.M. Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif (Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya). Jakarta : Kencana.
Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran (Manual dan Digital). Bogor : Ghalia Indonesia.
Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. (2011). Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta : Bumi Aksara. Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian). Bandung : CV Wacana Prima.
Natalia. (2012). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Sintang : Persada Khatulistiwa.
Resty Sartika Dewi. (2007). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Menggunakan Model Problem Solving dengan Pendekatan Kontekstual. Skripsi. Pontianak : UNTAN.
Pis, Prinsina. (2009). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Sintang: Persada Khatulistiwa