PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP KEGIATAN POKOK EKONOMI DI KELAS VII SMP NEGERI 07 DEDAI

Authors

  • Emilia Dewiwati Pelipa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpe.v1i2.235

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep kegiatan pokok ekonomi (studi eksperimen di kelas VII SMP Negeri 07 Dedai tahun pelajaran 2015/2016).Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian quasi exsperiment design bentuk Nonequivalent Control Group Design.Penelitian dilakukan di kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen.Dari hasil penelitian ini yaitu kelas kontrol didapat nilai rerata belajar sebesar 50,75 dengan standar deviasi = 10,66. Sedangkan pada kelas eksperimen didapat nilai rerata hasil belajar sebesar 55,35 dengan standar deviasi = 14,14. Jadi rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan media audio visual lebih tinggi di bandingkan hasil belajar yang menggunakan metode konvensional. Dari analisis uji-t di dapat nilai t hitung < t tabel yakni 21,4953<2,00488 dengan signifikan < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata Kunci: Media Audio Visual Dan Hasil Belajar

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, B. S dan Zain, A. 2013.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jihad dan Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2018-11-12

Issue

Section

Articles