PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KELILING KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpe.v1i2.234Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Keliling Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Pokok Ekonomi. Penelitian Eksperimen ini berbentuk Quasi-eksperimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Pinoh dengan jumlah 117 siswa. Sampel berjumlah 28 orang siswa sebagai kelas kontrol dan 28 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data bahwa model pembelajaran keliling kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis pada perbedaan hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang memperoleh nilai sebesar 5,740  dan perolehan nilai pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penerapan Model Pembelajaran Keliling Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Pokok Ekonomi Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Pinoh.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Keliling Kelompok, Hasil BelajarReferences
Arifin. Z. (2013). Evaluasi pembelajaran prinsip teknik prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Feryanto, A. Dan hendro, P. (2011). Ekonomi untuk SMP/MP. Klaten : Intan Pariwara.
Fathurrohman, M. Dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Teras
Gusmalia, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Keliling Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam YLPI Pekanbaru, Skripsi, Pekanbaru, UIN SUSKA, 2012,
Hanifah, N. dan Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung. Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jihad, A. Dan Haris, A. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Margana, Juntak, 2010, Penerapan Model Kooperatif Tipe Marry Go Round Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Motivasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X AP I di SMK Swasta Bersama Berastagi, From http:// juntakmarganagmailcom.blogspot.com/2010/09/penerapan-model- pembelajaran –kooperatif.html,diakses 10 Desember 2011
Munthe, B. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. Ridwan. 2002. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers Suprijono. A. 2012. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Sudjana. N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya