PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN LULUR PURBASARI
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpe.v7i3.2114Keywords:
Price, Product Quality, Customer Loyalty, Customer SatisfactionAbstract
This study was intended to examine the effect of price and product quality on customer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable (a case study on purbasari scrub customers in Surabaya). The research method used in this research is quantitative. The population in this study were consumers who had purchased and used Purbasari scrub products in the city of Surabaya, using the unknown population formula obtained with a sample of 100 respondents. The measurement scale in this study uses a Likert scale. Collecting research data using a questionnaire. Statistical test and hypothesis testing using path analysis. The results of the study can be concluded that price has a significant effect on customer satisfaction at Purbasari scrubs in Surabaya; Product quality has a significant effect on customer satisfaction at Purbasari scrubs in Surabaya; Price has a significant effect on customer loyalty on Purbasari scrubs in Surabaya; Product quality has a significant effect on customer loyalty on Purbasari scrubs in Surabaya; Customer satisfaction has a significant effect on customer loyalty on Purbasari scrubs in Surabaya; Price has a significant effect on customer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable for Purbasari scrub customers in Surabaya; Product quality has a significant effect on customer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable for Purbasari scrub customers in SurabayaReferences
Bali A.Y., (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi 1 (1), 1-14.
Cardia, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762-6781.
Chaerudin, R.M., Permana, T.E., 2019. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pengguna smartphone Android dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Di Lingkungan Mahasiswa Universitas Bandung Raya Jurnal Ekonam Volume 1, Nomor 2 http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/
Curatman, A., et al. (2020). Program Loyalitas Pelanggan. Sleman: Deepublisher.
Dewi, C. K. & Wijayanto, E. N. (2019). Pengaruh Product Attributes, Service Quality Attributes Dan Store Attributes Terhadap Consumer Satisfaction. Jurnal E-Proceeding of Management, 6 (1), 46-57.
Gloria Origita Cosmetics. 2022. Profil Perusahaan PT. Gloria Origita Cosmetics. https://goc.co.id/
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UNITOMO PRESS.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2020). Manajemen Pemasaran Edisi-13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kolonio, J., Djurwati, S. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust dan Consumer Satisfaction terhadap Consumer Loyalty pada CV Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA Vol. 7, No. 1, pp.14-25.
Lesmana, R., Ratnasari. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Radekatama piranti nusa. Manajemen Pemasaran Vol. 2 No.2
Murti, C.L.R., and Ngatno, N., 2020 “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Kota Semarang),†Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 357-342, Jan. 2020. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26439
Purnama, S.D.R., Herawati, J., Kurniawan, I.S.,2019. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Telkom Indonesia Wifi Corner Kotabaru Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dewantara, Vol 3, No 1 (2019): 171-180 171
Putra, R. and Suryoko, S. 2016. “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Sriwijaya Air Rute Semarang-Jakarta),†Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 174-183, Dec. 2016. https://doi.org/10.14710/jiab.2017.14554
Putri, M.A.E., Supriyono. 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Samsung di Megastore Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7 (2) DOI: 10.31932/jpe.v7i2.1617
Rizal, A.S., Telagawathi, N.L.W.S., Yulianthini, N.N., Putra, K.E.S., 2019. Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Merek Nike di Singaraja Futsal. Jurnal Prospek, Vol. 1 No. 2,
Sundari, D. & Sri, N. (2018). Membangun Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan yang dipengaruhi oleh Kualitas Produk, Presepsi Harga dan Citra Merek (Studi pada Produk Smartphone Merek Opoo). Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2).
Supertini N.P. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusaka Kebaya Di Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 2685-5526.
Takholy, Y. R. & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 24-35.
Tran, T. T. (2018). Factors Affecting the Purchase and Repurchase Intention Smart-Phones of Vietnamese Staff. Internasional Jurnal of Advenced and Applied Sciences, 5(3) 1-12.
Thungasal, C. E. & Siagian, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Kasuari. Jurnal Ilmu Manajemen 7(1), 12-19.
Vidananda, N. K. P., & Setiawan, P. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Perusahaan Di Larissa Aesthetic Center Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(4), 333. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i04.p02.
Widayatma, C. P., dan Lestari S. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Rifa Kuliner Kendal). Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang. Vol. 7, No. 3.
Winata, A. & Fiqri, I. A. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas. Jurnal Manajemen Magister, 3(2), 12-25
Zahara, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 3138