PENERAPAN INTEGRASI METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING DAN MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DI STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG

Authors

  • Anna Marganingsih STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpe.v1i1.200

Abstract

Penerapan Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Penerapan Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Prodi. Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Hipotesis penelitian ini berbunyi jika Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence diterapkan dengan baik maka akan meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain nonequvalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Prodi. Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Sangat Baik sehingga dapat meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Indeks Peningkatan sebesar 0,7 masuk dalam kategori peningkatan Tinggi. Signifikansi perbedaan ditunjukkan dengan thitung > ttabel atau 5,716 > 2,060.

Kata Kunci: Metode Integrated Hypnoteaching dan Multiple Intelligence, Hasil Belajar Siswa

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Dimiyati, Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Djaali dan Pudji Mulyono. 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Hajar, Ibnu. 2011. Hypno Teaching: Memaksimalkan Hasil Proses Belajar-Mengajar dengan Hipnoterapi. Yogyakarta: Diva Press

Irianto, A. 2004. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media Group.

Jasmine, Julia. 2012. Metode Mengajar Mulitiple Intelligence. Bandung: Nuansa Cendikia

Lucy, Bunda dan Ade Julius Rizky. 2012. Dahsyatnya Brain Smart Teaching. Jakarta: Penerbit Plus

Noer, Muhammad. 2010. Hypnoteaching for Success Learning. Yogyakarta: Pedagogia

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian untuk Pendidik-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: AlfaBeta.

Setiyoprajoko.2010. Hypnoteaching Cara Pembelajaran dengan Mengoptimalkan Kemampuan Otak. http://setiyoprajoko.blogspot.com/2010/07/hypnoteaching-cara-pembelajaran-dengan.html (Tanggal Akses: 7 April 2013)

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Subana, Rahardi dan Sudrajat. (2005). Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2010. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Oprasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. dan Masri Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran sebuah Konsep Pembelajran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara

Susanto, Hadi. 2005. Penerapan Multiple Intelligence dalam Sistem Pembelajaran. Tersedia: http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.67-75PenerapanMultiple Intillegence dalam Sistem Pembelajaran.pdf. Diunduh pada 12 Desember 2013

Downloads

Published

2018-10-31

Issue

Section

Articles