ANALISIS SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 02 TEMPUNAK

Authors

  • Masardi Duat Umpang STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia
  • Munawar Thoharudin STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpe.v3i1.161

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagaimana dan  faktor apa yang mempengaruhi Sikap Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 02 Tempunak. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang dari 77 siswa kelas VIII SMP Negeri 02, guru bidang studi dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan meliputi observasi, wawancara. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi guru dan siswa, lembar wawancara siswa, guru, dan orang tua siswa. Teknik analisis data:1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Hasil analisis data yang diperoleh:1) sikap belajar siswa , 2) Faktor sikap belajar siswa, faktor interen, adanya kesadaran dari dalam diri untuk lebih rajin lagi belajar, faktor ekstern, adanya dukukungan dari orang tua berupa motivasi, bimbingan, dan menyediakan fasilitas senyaman mungkin untuk siswa belajar; 3) Upaya guru dalam meningkatkan perstasi belajar siswa, membuat suasana kelas terasa nyaman, memotivasi, dan membimbing siswa

Kata Kunci: Sikap Belajar Siswa, IPS Terpadu

 


References

Ardhana. 2008. Langkah-langkah metode studi kasus. (online) tersedia Http://ardhana12 . woordpres.com 20018/01/08.Metode penelitian studi kasus/26 agustus 2015

Ariana, Y. 2015. Analisis Kesulitan Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Pokok Bahasan Ketenagakerjaan Dikelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Sekadau Hulu Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Pada Program Studi Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang: Tidak Diterbitkan

Depdiknas. (2007). Panduan pengembangan pembelajaran ipa terpadu. Jakarta:Depdiknas

Djaali. 2014. Psikologi pendidikan.jakarta: Bumi Aksara

Fitria. 2011. Sikap Belajar Peserta Didik. (online) tersedia https//rizcafitria. Wordpress.com/2011/04/30/sikap-belajar-peserta-didik.e/13September 2015.

Sears, dkk. 2006. Psikologi Sosial. Jakarta:Erlangga

Harlis. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Terpadu dengan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Tebing Tinggi.http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/2197/1857

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan DAN Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. https://bsnp-indonesia.org/ wp-content/uploads/2009/04/ Permendikbud_Tahun2016_Nomor020_Lampiran.pdf

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.

Uin, Etheses.2012. Sikap Belajar. (online) Tersedia http://etheses.uin-.ac.id/1849/6/094101 29/2012/ 12/09_ Bab_2.pdf

Downloads

Published

2018-09-27

Issue

Section

Articles