PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 6 NANGA PINOH

Authors

  • Yayan Kristiani STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Dessy Triana Relita STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Munawar Thoharudin STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpe.v3i1.153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Aktif Learning Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar siswa materi interaksi sebagai proses sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian eksperimen berjumlah 23 orang dan kelas control 25 orang. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa pretest dan postest yang di dapat dari tes uji berbentuk esay. Analisis data menggunakan uji-t, Hasil dari uji hipotesis diperoleh hasil posttest diketahui bahwa nilai thitung adalah 3,16 sedangkan nilai ttabel pada α = 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 23 + 25 - 2 = 46, adalah 2,021. Hal ini berarti nilai thitung> ttabel yaitu 3,20> 2,021 maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan Active Learning Tipe Team Quiz dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada interaksi sebagai proses sosial

Kata kunci: Active Learning Tipe Team Quiz , Hasil Belajar

References

Arfina, (2016). “Penerapan Model Active Learning Tipe Team Quiz Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN siswa kelas 1V SDN 3 metro baratâ€. SKRIPSI : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG.

Djamarah, S.B. dan Zain A. 2015. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Octavin, A. “Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajarâ€. Journal of mechanical engineering education, vol. 3 no. 1 Hal 124-128

Purwanto,(2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Silberman. (2016). Active learning. Bandung: Nuansa cendika.

Sudjana, Nana (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Downloads

Published

2018-09-27

Issue

Section

Articles