HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpdp.v1i1.97Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Merpak Kecamatan Kelam Permai tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 33 siswa. Data dianalisis menggunakan uji analisis regresi, korelasi product moment, koefisien determinan, dan t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri sebesar 77,52 termasuk dalam kategori kuat, (2) rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA adalah 73,91 yang termasuk dalam kategori baik, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar dengan t hitung > t tabel yaitu 2,48 > 2.03.
References
A.M, Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Anitah, Sri. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Febrianto, Beni. (2013). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Bahan Bangunan Siswa Kelas X Bangunan di SMK N 1 Tanjung Raya. CIVED ISSN 2302-3341, Vol. I, Nomor 2, Juni 2013.
Kardi, I Wyn. (2013) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Kelurahan Kintamani Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1 (2013).
Puspitasari, Ni Luh Pt. Eka. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Tampaksiring. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1 (2013).
Rhamdasari, Rahayu. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Sabilal Muttaqim Sintang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Situmorang, Robinson. (2007). GBPP Teknik Pengembangan dan Pemanfaatannya untuk Mencapai Kompetensi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan .
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutikno, M. Sobry. (2009). Belajar dan Pembelajaran â€Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasilâ€. (Cetakan Kelima). Bandung: Prospect.
Syafsensi, Ice. (2013). Kontribusi Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Bangunan Siswa SMK Negeri 2 Solok. Cived ISSN 2302-3341, Vol. I, Nomor 1, Maret 2013.
Wibowo, Sigit Wahyudi. (2009). Hubungan Bakat Mekanik, Motivasi Belajar, dan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Service Engine Siswa Smk Program Keahlian Mekanik Otomotif. Teknologi dan Kejuruan, Vol. 32, No. 1, Februari 2009 (Halaman 13-24)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Anyan sebagai Jurnal Manager
Program Studi PGSD
Jl. Pertamina Sengkuang KM. 4 Sintang Kotak Pos 126
(email: pgsdpersadakhatulistiwa@gmail.com)