PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.9Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 22 SP5 SKPH Manis Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 22 SP5 SKPH Manis Raya dengan jumlah 37 orang siswa. Pengumpulan data digunakan lembar observasi, soal tes, dan lembar angket minat serta lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat belajar siswa siklus IÂ sebesar 2,73 dan siklus II sebesar 3,31. Sedangkan prestasi belajar kognitif siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 59,48 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,81 sehingga diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 11,32. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan secara umum bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 22 SP5 SKPH Manis Raya tahun pelajaran 2017/2018.References
Arifin, Zainal. 2012. Perencanaan Pembelajaran: dari Desain Sampai Implementasi. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Awang, Imanuel Sairo. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLiS) Pada Mata Pelajaran IPA Ditinjau Dari Minat Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Vox Edukasi 4(2).
Kadir, Abdul. dkk. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta. Penerbit Kencana Prenadamedia Group.
Majid, Abdul. 2014. Belajar dan Pembelajaran: Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sarbini & Neneng Lina. 2011. Perencanaan Pendidikan. Bandung. Penerbit: CV Pustaka Setia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Widoyoko, P. E. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuliana. D. Z. & Murniati. N. A. N. 2010. Upaya Meningkatkan Minat Siswa pada Pembelajaran Fisika Perspektif CRC (Children Rights Convention) dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas X-6 SMA N 11 Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang. Vol. 1 No. 2. Halaman 192-202.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Anyan sebagai Jurnal Manager
Program Studi PGSD
Jl. Pertamina Sengkuang KM. 4 Sintang Kotak Pos 126
(email: pgsdpersadakhatulistiwa@gmail.com)