PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERPENDEKATAN SAVI PADA MATERI TEMBANG DOLANAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR SE-EKS KARESIDENAN MADIUN

Authors

  • Panji Kuncoro Hadi Universitas PGRI Madiun
  • Endang Sri Maruti Universitas PGRI Madiun
  • Hartini Hartini Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i2.88

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa sekolah dasar sekaresidenan Madiun.. Untuk dapat mencapai tujuan penelitian tersebut, maka penelitian pengembangan ini merujuk pada metode 4-D. Data penelitian berupa hasil validitas pengembangan bahan ajar berpendekatan SAVI materi tembang dolanan untuk siswa sekolah dasar se-karesidenan Madiun. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan tes nembang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun terdiri dari tiga tahap. Tahap tersebut adalah tahap pendifinisian, tahap tahap perancangan, dan tahap pengembangan; (2) buku ajar siswa berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun tingkat reliabilitasnya sangat tinggi, yakni 89,7%; dan (3) berdasarkan penghitungan, hasil thitung  sebesar 7,31, sedangkan ttabel sebesar 3,56. Karena thitung>ttabel maka H1 diterima. Hal tersebut menyatakan bahwa bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun adalah efektif digunakan.

References

Ahmadi dan Amri. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Pengembangan : Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Derektorat SMP, Derektorat jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, Muslimin.2001. Model Pembelajaran Perangkat Menurut Jerolg E. Kemp & Thiagarajan. Surabaya: Faculty of Matematics and Science University Assosiates.

Meier, Dave.2002. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: MMU (Mizan Media Utama).

Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Peneltian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Bandung Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-10-31