PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BAGI SISWA KELAS 5 SD NEGERI SUMOGAWE 02

Authors

  • Dewi Saraswati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Indri Anugraheni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model Means Ends Analysis (MEA) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 5 SD. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknis tes,non tes data dianalisis menggunakan teknik diskriptif. Subyek penelitian adalah kelas 5 SD Negeri Sumogawe 02 berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada saat pra siklus 43,9% meningkat setelah pelaksanaan tindakan siklus I 52,5% dan kembali meningkat setelah pelaksanaan siklus II yaitu 80,5%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model MEA dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

References

Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Polyglot: Jurnal Ilmiah. Di unduh dari https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/789/pdf.

Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Citoresmi, N & Nurhayati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Diunduh dari: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/204/pdf.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Harmini. 2014. Matematika untuk PGSD. Surakarta:UNS Press.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ikhwanuddin, dkk. 2010. Problem Solving dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Berfikir Analisis. Jurnal Kependidikan. Diunduh dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/500/359.

Juanda, M, Johar. R dan Ikhsan, M. 2014. Peningkatan Kemampuan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajan Means Ends Analysis. Kreano. Diunduh dari: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/3322/3651.

Komariah,K. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Diunduh dari: http://eprints.uny.ac.id/7195/.

Komulasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nugroho, J.S, Mahfud, H & Karsono. 2017. Penerapan Model Means Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria. Diunduh dari: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/viewFile/10398/7640.

Nursanti.Y & Kristin, F. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together Berbantuan Media Gambar Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. e-jurnalmitrapendidikan. Diunduh dari: http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/80/35.

Putriyanti, M. A. F., Kamsiyati, S., dan Istiyati, S. 2017. Penerapan Model Means Ends Analysis (Mea) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Diunduh dari: http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10748/7919.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. 2017. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Diunduh dari: http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/928/559.

Slameto, 2015. Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Wahyono, B. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada Pembelajaran Matematika Materi Ajar Perbandingan. Dikdaktium Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Diunduh dari: https://i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/viewFile/777/761.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wibowo, D.C. 2013. Pengaruh Implementasi Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3 Tahun 2013. Diunduh Tanggal 07 Februari 2018

Downloads

Published

2018-04-30