PENERAPAN METODE KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BENTUK DAN SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 JERORA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Hayati Hayati Sekolah Dasar Negeri 12 Jerora

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.21

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi bentuk dan sifat bangun ruang siswa kelas IV SDN 12 Jerora Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan trefleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 12 Jerora  yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes, dengan validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan aktivitas siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 36,00% atau 9 siswa meningkat menjadi 72,00% pada siklus pertama atau sebanyak 18 siswa, dan pada siklus kedua menjadi 100%  atau sebanyak 25 siswa dinyatakan tuntas. Peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  61,20 menjadi 66,80 pada siklus pertama, dan pada siklus kedua menjadi 76,40 serta peningkatan ketuntasan belajar dari 11 siswa atau 44,00% menjadi 13 siswa atau 52,00% dan 22 siswa atau 88,00% pada siklus kedua. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode konstruktivisme terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi bentuk dan sifat bangun ruang siswa kelas IV SDN 12 Jerora Tahun Pelajaran 2015/2016.

References

Awang, Imanuel Sairo. 2017. Strategi Pembelajaran, tinjauan umum bagi pendidik. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.

BSNP Depdiknas 2007. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika, Jakarta

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas

Juliantara, Dadang. 2010. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Junaedi. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok pada Materi Kalor untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Bandung. UPI (thesis) Tidak Diterbitkan

Kusdinar, Irwan. 2009. Pintar Matematika 4: Untuk SD/MI Kelas 4. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Kusnadar, Achmad. Matematika SD/MI Kelas 4. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Nahrowi. 2006. Pelajaran Matematika Penekanan Pada Berhitung. Jakarta: Erlangga

Priyo, Dwi. 2009. Matematika IV untuk Kelas IV SD/MI. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Roestiyah, N.K. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Saepudin, Aep.2009. Gemar Belajar Matematika 4 : Untuk SD/MI kelas IV. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Saleh, Abdullah, Abdurrahman 1999. Teori-teori Pendidikan Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 1988. Pembelajaran Untuk Anak SD. Dirjen Dikti: Jakarta.

Soedjadi. 2000. “Nuansa Kurikulum Matematika Sekolah Di Indonesiaâ€. Dalam Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konperensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000)

Sudjana, Nana. 1991, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru.

Sugiyarti, Sri. 2010. Matematika untuk SD/MI Kelas 4. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Suherman,dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Sukmadinata, N. S. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya Bandung.

Suwangsih, 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI Press

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

W.J.S. Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka

Yuniarto, Yoni. 2009. Matematika untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Downloads

Published

2018-04-30