PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU DAN KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemimpinan guru dan keterampilan manajemen kelas terhadap perilaku belajar siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penentuan jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebesar 30 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil pengujian hipotesis pertama dengan uji parsial (uji t) diperoleh thitung = 5,108 > ttabel = 2,052 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 berarti tolak Ho dan terima H1. Berdasarkan data tersebut, berarti variabel kepemimpinan guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel perilaku belajar. Hasil pengujian hipotesis kedua dengan uji parsial (uji t) diperoleh thitung = 5,114 > ttabel = 2,052 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 berarti tolak Ho dan terima H1. Berdasarkan data tersebut berarti variabel manajemen kelas berpenaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel perilaku belajar. Hasil pengujian hipotesis ketiga dengan uji simultan (uji F) diperoleh Fhitung = 71,873 > Ftabel = 3,35 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 berarti tolak Ho dan terima H1. Berdasarkan data tersebut berarti variabel kepemimpinan guru dan manajemen kelas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar.References
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azizah, Ika Nurdiana; Estiastusi, A. (2017). Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas Rendah pada Pembelajaran Tematik di SD. Joyful Learning Journal, 6(2), 1–6.
Chairunnisa, Connie. (2016). Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djabidi, Faizal. (2016). Manajemen Pengelolaan Kelas. Malang: Madani.
Kadir, S. F. (2014). Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 16–36.
Kasmawati. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 5 Enrekang. Jurnal Idaarah, I, 181–190.
Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasution, K. (2016). Kepemimpinan Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai. Jurnal Drul ’Ilmi, 04(01), 116–128.
Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Sari, Sindang; Hendro, O. (2017). Pengaruh Kreativitas, Komunikasi, dan Kepemimpinan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMP Negeri di Kecamatan Ilir Timur II Palembang. Jurnal Ecoment, 2, 74–87.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soffatunni’mah, E. dan P. T. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Perilaku Belajar SISWADIMAN 2 SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 447–458.
Susanto, R. (2017a). Analisis Keterkaitan Kepemimpinan Guru di Kelas dan Pola Pendekatan Bimbingan Terhadap Pembentukan Nilai dan Karakter Anak Didik Usia Sekolah Dasar. Prosiding Inovasi PGSD, 1, 164–178. Retrieved from http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/Prosiding/article/view/37/0
Susanto, R. (2017b). Keterampilan Manajemen Kelas Melalui Gerakan Sederhana Senam Otak ( Brain Gym ) Di Sd Pelita 2 , Jakarta. Jurnal Abdimas, 3, 1–13.
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widiasworo, Erwin. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Perss.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Anyan sebagai Jurnal Manager
Program Studi PGSD
Jl. Pertamina Sengkuang KM. 4 Sintang Kotak Pos 126
(email: pgsdpersadakhatulistiwa@gmail.com)