PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIFSISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Authors

  • Nata Yunus STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Florentina Rahayu Esti Wahyuni STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Didin Syafruddin STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i1.264

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.Bentuk penelitian yang digunakan yaitu Quasi-eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tidak langsung.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, dan angket. Hasil analisis lembar observasi guru pertemuan pertama dan kedua diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 100%, yang berkriteria sangat baik, sedangkan analisis lembar observasi siswa pada pertemuan pertama dan kedua diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 100% yang berkriteria sangat baik. Berdasarkan uji hipotesis pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan α =0,05. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa nilai sig. (2-taied) ˂ α (0,000 ˂ 0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa pada materi Sistem pencernaan manusia antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan pengolahan data angket respon siswa diperoleh rata-rata nilai persentase sebesar 83,85% dengan kategori sangat kuat.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Cholistyana, I. E. (2014). Pengaruh Model Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Ekskresi(Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelas XI MAN 11 Jakarta). Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Putri, S. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (Siklus Belajar 5E) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 6 Malang. Jurnal. Universitas Negeri Malang.

Retnaningati. (2011). Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sebelas Maret.

Sayuti, I. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekan Baru. Jurnal. Pada Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Setiawan, A. (2014). Eksperimentasi Model Learning Cycle 7E dengan Problem Posing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Mesuji Lampung.Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Program Studi MagisterPendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Downloads

Published

2018-11-27

Issue

Section

Articles