PENGARUH METODE GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i1.263Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode guided note taking berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni quasy eksperimental design yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tidak langsung, alat pengumpulan data berupa lembar observasi, soal tes, dan angket. setelah dilakukan analisis diketahui bahwa metode guided note taking berbantuan media gambar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan data pretest dan posttest kelas eksperimen yang dihitung menggunakan spss 23.0 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan hal ini kurang dari 0,025 (0,000 ˂ 0,025) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan H0 ditolak, hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode guided note taking berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia.
References
Agung, A. A. Gede. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja:Undiksha.
Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Anwar, M. S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Lesson Studi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas VIII SMP Negeri 1 Ketungau Tengah â€.Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Aprizaiyanti, R. (2017) “Penerapan model Discovery StrategyTerhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan Di Kelas Viii SmpNegeri 4 Sayanâ€. Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakmatik. Yogyakarta:Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Karim, S. dkk. (2008). IPA Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta, Bumi Aksara.
Hasanah, Z. (2015). “Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note Taking terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Belimbing pada Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup â€.Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish on JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) agree to the following terms:Â
- The all articles published on JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) has no responsibility for claims or claims to be filed by third parties due to copyright infringement and make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. The authors fully responsible for the content of articles and advertisements published in the journal JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), authors accept and reassure you to transfer all our rights on the article, including processing, reproduction, representation, printing, publishing, distribution, and electronic transmission, to be used by JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) officials for unlimited use.
At the time of submission of the manuscript, the authors asked to complete the 'Copyright Transfer Form' and should be signed electronically.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here.