PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAHLUK HIDUP
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpbio.v1i1.239Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Tebelian melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIB serta Guru Bidang Studi Biologi Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Tebelian. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu: lembar observasi, hasil tes (pilihan ganda), dan lembar angket. Hasil penelitian: hasil observasi siswa siklus I pertemuan I Ya sebesar 50% Tidak 50%; hasil observasi siswa siklus I pertemuan II Ya 60% Tidak 40%;rekapitulasi siklus I Y 55% Tidak 45%. Hasil observasi siswa siklus II pertemuan I Ya sebesar 80% Tidak 20%; hasil observasi siswa siklus II pertemuan II Ya 90% Tidak 10%;rekapitulasi siklus I Y 85% Tidak 15% Peningkatan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 30%. Aktivitas Guru siklus I pertemuan 1 Y 64,28% Tidak 35,72%; pertemuan II Y 78,57% Tidak 21,43%; siklus II pertemuan 1 Y 78,57% Tidak 21,43%; pertemuan II Y 85,71% Tidak 14,29%. Hasil belajar siswa siklus I nilai tertinggi 86; nilai terendah 33; rata-rata 61,48; ketuntasan klasikal 58,62% Hasil belajar siswa siklus II nilai tertinggi 93; nilai terendah 53; rata-rata 72,20; ketuntasan klasikal 89,65%. Hasil angket diketahui 87,59% siswa menjawab “Ya†dengan kereteria sangat baik, sementara yang menjawab “Tidak†12,41% dengan kereteria kurang. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIIIB SMP N 3 Sei. Tebelian pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makluk Hidup tampak dari hasil observasi.References
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bungin, B. (2011). Metodotologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Persada Media Group
Campbell, Reece, Mitchell. (2000). Biologi, Fifth Edition. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish on JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) agree to the following terms:Â
- The all articles published on JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) has no responsibility for claims or claims to be filed by third parties due to copyright infringement and make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. The authors fully responsible for the content of articles and advertisements published in the journal JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), authors accept and reassure you to transfer all our rights on the article, including processing, reproduction, representation, printing, publishing, distribution, and electronic transmission, to be used by JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) officials for unlimited use.
At the time of submission of the manuscript, the authors asked to complete the 'Copyright Transfer Form' and should be signed electronically.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here.