PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI CARA MAKHLUK HIDUP MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGANNYA

Authors

  • Jimi Jimi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Florentina Wahyuni STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Yasinta Lisa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbio.v1i1.237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning  (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pada materi mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya siswa kelas VB SD Negeri 03 Ranyai Hilir. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil uji hipotesis post-angket pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung (8,75) > ttabel (2,032), artinya terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada post-angket. Hasil uji hipotesis post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung (6,219) > ttabel (2,032), artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dipengukuran akhir.

References

Johnson, E. B. (2014). CTL Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung. Kaifa.

Mudyahardjo, R. (2008). Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Oktaviansa, A. W. dan Yunus. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Sidoarjoâ€. JPTM, Volume 02. No. 01 Hal 34 – 43.

Rusman. (2013). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Setyaningsih, R. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pesawat Sederhana pada Siswa Kelas V SDN 3 Selakambang Kabupaten Purbalinggaâ€.skripsi tidak diterbitkan. Semarang:: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Shoimin, A. (2014).68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Tirtarahardja, U. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2018-11-16